Monday 27 May 2013

Suka Duka Mahasiswa Teknik


Assalamualaikum.Wr.Wb
Tahun ini, tidak terasa sudah merupakan tahun ketiga saya menjalani pendidikan sebagai Mahasiswa. Hampir 6 semester saya lewati. Selama 3 tahun ini, banyak sudah suka duka yang saya lewati, banyak kenangan, pengalaman dan pelajaran hidup lainnya yang saya temukan dalam perjalanan saya di bangku kuliah ini.

Dunia Perkuliahan ini dimulai ketika saya dinyatakan lulus SNPMTN 3 tahun yang lalu. Pada saat itu, saya memilih kategori IPC dan mengambil 3 jurusan dimana Teknik Informatika merupakan salah satu dari ketiga opsi tersebut. Salah satu alasan saya memilih jurusan Teknik Informatika adalah ketertarikan saya terhadap komputer dan multimedia pada waktu itu. Selain itu, orang tua yang tidak mengijinkan saya untuk kuliah di luar Bengkulu juga menjadi salah satu alasannya, karena jika boleh memilih pada saat itu saya lebih tertarik dengan bidang seni dan sastra asing.

Awal mula babak baru sebagai mahasiswa dimulai dengan daftar ulang, saat itu saya harus pulang-pergi Curup-Bengkulu untuk mengurus semua keperluan administrasi daftar ulang tersebut. Saat itu saya lelah sekaligus bingung, karena saya masih sangat asing dengan suasana kampus Universitas Bengkulu. Sehingga saya sempat kebingungan mencari tempat daftar ulang. Namun kelelahan yang saya rasakan saat itu belum setara dengan rasa lelah dan ketegangan yang saya alami selama menjalani PKK Fakultas Teknik. Pengalaman selama ospek dimana saya harus pergi subuh dan pulang magrib, ditambah suasana puasa , dengan seabrek tugas ospek yang harus saya kerjakan jauh lebih melelahkan, hingga keesokan harinya setelah hari terakhir ospek, saya berakhir dengan hibernasi... hehehe

Kuliah di Teknik Informatika sendiri, ternyata jauh lebih berat dari apa yang saya bayangkan. Tugas harian , Praktikum , Tugas Besar dan lainnya seperti menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. awalnya jelas saja hal ini sama sekali tidak muda untuk dijalani, bahkan dapat dikatakan berat untuk dilalui. Namun saya ingat perkataan seorang motivator yang pernah saya dengar "Hidup itu Keras, Jika Kamu tidak keras terhadap dirimu sendiri, maka Hiduplah yang akan keras terhadap dirimu" . Karena kalimat itu saya menyadari bahwa segala sesuatu membutuhkan perjuangan. Ada pengorbanan, untuk setiap proses pendewasaan diri dalam hidup yang dibutuhkan untuk mencapai sukses.

Untuk itu,saya menyadari bahwa masih banyak yang harus saya lakukan dalam hidup ini. Begitu banyak hal yang masih harus saya pelajari. Banyak hal yang harus saya lewati hingga sukses itu nanti dapat saya raih. Hanya untuk sebuah harapan kecil, yaitu membahagiakan kedua orang tua saya, menghadirkan senyum diwajah mereka karena saya.

No comments:

Post a Comment